Fasilitas Umum

Fasilitas Sosial dan Fasilitas Umum Desa Brajan

Warga masyarakat dapat saling bahu-membahu untuk membangun dan atau memperbaiki fasum fasos sendiri jika memang sangat diperlukan tanpa bergantung kepada pemerintah. Tanpa adanya fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai akan membuat hidup menjadi lebih sulit.

Fasilitas umum maupun fasilitas sosial buatan pemerintah yang dirusak orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan merugikan masyarakat secara umum. Fasum dan fasos yang disediakan oleh pemerintah dibiayai oleh dana yang sebagian besar didapat dari pajak dan retribusi. Pajak dan retribusi dikumpulkan oleh pemerintah dari masyarakat, sehingga fasilitas umum dan fasilitas sosial merupakan milik masyarakat umum.

Berbagai fasilitas umum untuk masyarakat disediakan oleh pemerintah Desa Brajan, Boyolali. Baik fasilitas untuk beribadah, olahraga, dan sebagainya. Desa Brajan memiliki 5 buah masjid dan 5 surau atau mushola,dan satu buah gereja. Di sana juga tersedia satu rumah bersalin untuk memudahkan para wanita yang sedang hamil dan melahirkan.

Di samping itu sektor pemuda dan olahraga menjadi skala prioritas utama  juga dalam perkembangan desa selama enam tahun. Mengingat bahwa pamuda adalah tulang punggung bangsa, maka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Brajan perlu ditingkatkan. Peningkatan SDM dapat dilakukan melalui pembinaan-pembinaan seperti organisasi kepemudaan (karang taruna), pelatihan ketrampilan kerja dan lain-lain.

Sarana Kesehatan

Didalam setiap desa tentunya memiliki polindes atau puskesmas desa yang menjadi pusat kesehatan masyarakat Desa Brajan memiliki kondisi yang sangat layak digunakan untuk pelayanan pertama kesehatan. Lokasi desa Polindes berada di tepat belakang kantor balai desa sehingga lokasinya mudah dijangkau bagi seluruh masyarakat desa. Pelayanan di polindes tidak terlalu maksimal karena paramedis yang ada merupakan paramedis kecamatan sehingga jadwal bukanya menunggu selesai tugas tersebut dari kecamatan.Desa Brajan juga memiliki satu buah puskesmas pembantu dengan satu perawat dan satu bidan.

Sarana Pendidikan

Sarana pendidikan memiliki arti sebagai semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak, maupun tidak bergerak, agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien.

Desa Brajan memiliki 2 buah lembaga pendidikan dalam tingkat pendidikan anak usia dini. Untuk Sekolah Dasar, Desa Brajan memiliki 2 buah Sekolah Dasar masing-masing Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Inpres. Desa Brajan juga memiliki 1 buah SMA Swasta Katolik.

Selain itu pemerintah desa memandang perlu membenahi dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan pemuda dengan cara pengadaan dan pemeliharaan sarana olahraga yang ada di desa seperti :

Lapangan sepak bola

1 buah

Lapangan bola volly

1 buah

Lapangan bulutangkis

1 buah

Lapangan tenis meja

1 buah

 

Untuk lebih menyejahterakan masyarakat, Desa Brajan mempunyai 1 buah Koperasi Simpan Pinjam dan dua koperasi laiinya. Tersedia jua 6 buah toko/kios/warung bahkan tersedia satu lumbung desa yang sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat mengingat mayoritas penduduk bermatapencaharian sebagai petani. 

Berita Terkini
Wakil Bupati Lantik Pejabat Baru
Senin 23 Oktober 2017