Pembangunan Talud Tiap Dukuh Tingkatkan Gotong Royong Warga Desa

Brajan - Desa Brajan sebagai desa yang memiliki lahan pertanian cukup luas dan lokasi desa yang terletak di dataran tinggi, membuat pemerintah desa harus membangun sarana infrastruktur berupa Makadam atau Talud. Keutamaan dari pembangunan talud tentu saja sebagai penahan longsor tanah, tapi di desa Brajan dibangun pembangunan talud pada badan jalan agar pengguna bisa menggunakan jalan dengan nyaman dan memperlancar aktivitas warga desa.

Pembangunan makadam yang dilaksanakan desa Brajan tersebar dibeberapa titik mulai dari sebelah barat dukuh Brajan, dukuh Randusari, dukuh Gunungsari dan dukuh Tegalsari dengan lebar dan panjang talud disesuaikan sesuai kebutuhan. Dalam pembangunannya, pemerintah desa Brajan bekerjasama dengan APBDes untuk proses pelaksanaan talud dan menunjuk TPK (Tim Pengelola Kegiatan) untuk proses kegiatan pembangunan sampai tahap akhir.

Desa Brajan dalam sistem biasa dibagi 2 sistem untuk pembangunan talud atau jalan tiap dukuh dikerjakan dengan sistem gotong royong warga dukuh dan diberikan material lengkap sesuai kebutuhan. Dan untuk pembangunan talud atau jalan desa dari tahap awal samapi akhir menjadi tanggung jawab pemerintah desa entah dari pekerja, sistem kerja dan material.

“untuk pembagunan sarana prasana di tiap dukuh itu pengerjaannya tidak kami lelangkan, karena anggaran dana desa tidak sampai 100 juta, tapi untuk pembangunan infrastruktur jalan desa menjadi tanggung jawab pemerintah desa bekerjasama dengan pihak ketiga”, ujar Suwarno, Rabu, 04/10/2017.

Berita Terkini
Wakil Bupati Lantik Pejabat Baru
Senin 23 Oktober 2017