Tradisi Halal Bi Halal Ajang Silahturahmi Warga Desa

Brajan - Bagi umat muslim tentu mengetahui acara yang kerap disebut Halal Bi Halal. Kegiatan yang sering dilaksanakan setelah beberapa hari menyambut lebaran Idul Fitri ini sudah menjadi tradisi di lingkup masyarakat khususnya desa Brajan. Dalam waktu pelaksanaan hari setelah lebaran, Desa Brajan mengadakan halal bi halal yang diikuti ratusan warganya dengan lokasi acara sesuai kesepakatan. Mulai dari sambutan tokoh agama, siraman rohani untuk menjernihkan hati dan pikiran hingga doorprize yang menjadi penyemangat acara menjadi rentetan yang tidak boleh dilewatkan. Setelah acara tersebut mereka dapat bersantap siang bersama sehingga terjalin keakraban satu sama lain.

Karena sudah menjadi sebuah tradisi, desa Brajan mengadakan acara halal bi halal pun dengan kesadaram masing-masing warganya yang biasa diadakan tiap RT. Tidak jarang bisa 3 RT yang mengadakan halal bi halal secara bersamaan, sebagai upaya untuk acara lebih meriah mereka juga menjalin persaudaraan dengan baik. Tujuan halal bi halal bagi desa Brajan sendiri diharapkan dapat menyelesaikan masalah tiap orang secara ikhlas dan damai, mencairkan hubungan yang selama ini terkesan kaku menjadi hubungan yang harmonis serta dapat menyambung silaturahmi yang terputus.

Selain masih kental akan tradisi kejawen mereka juga tidak melupakan kegiatan untuk mendukung tradisi umat muslim di seluruh Indonesia. Kepercayaan boleh beda tapi kita ini satu bangsa dan tanah air Indonesia. Jadi sudah semestinya dapat hidup rukun sejahtera antara satu dengan yang lainnya.

Berita Terkini
Wakil Bupati Lantik Pejabat Baru
Senin 23 Oktober 2017